Pages

Tuesday, August 7, 2018

PMI Pastikan Stok Darah untuk Korban Gempa di Lombok Aman

LOMBOK - Pasca-gempa berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR) yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu 5 Agustus 2018, sekira pukul 18.46 WIB. Unit Donor Darah (UDD) Pusat PMI, saat ini berupaya menjaga ketersediaan darah untuk warga NTB.

Caranya, dengan memperkuat regional IV, yang meliputi Provinsi Jawa Timur, NTT, NTB dan Bali. Dengan sistem regionalisai tersebut, UDD akan saling membantu guna menjaga ketersediaan darah serta memastikan tidak terjadi kekurangan stock darah di NTB.

BERITA TERKAIT +

''Hasil laporan UDD Lombok Barat, saat ini stok darah yang ada masih terhitung aman. Rencananya hari ini (Selasa, 6/8/2018), UDD Lombok Barat akan mengadakan donor darah massal dan terus melakukan inventaris kebutuhan jumlah darah dan komponen darah di 26 Rumah Sakit (RS),'' kata Ketua Bidang UDD PMI, dr. Linda Lukitari Waseso, dalam keterangannya yang diterima Okezone, Selasa (7/8/2018).

Stok Darah PMI (foto: PMI) 

Data stock darah di UDD Lombok Barat, pada Selasa (8/7/2018) pagi, untuk golongan darah A sebanyak 38 kantong, golongan darah B sebanyak 96 kantong, AB sebanyak 35 kantong dan 0 sebanyak 34 kantong. Saat ini, persediaan darah sudah mulai didistribusikan ke RSUP NTB sebanyak 47 kantong, kemudian RSUD Kota Mataram sebanyak 35 kantong, RSUD Lombok Barat sebanyak 10 kantong, dan RSUD Tanjung sebanyak 48 kantong.

''UDD Pusat sebagai Pembina UDD PMI di seluruh Indonesia, merespon cepat dengan mengirimkan 150 kantong darah. Diikuti beberapa UDD PMI lainnya yang juga ikut serta mengirimkan bantuan. Seperti, UDD Solo, mengirimkan 50 kantong darah pada sore hari ini (Selasa, 7/8/2018),'' kata Kepala Unit Donor Darah Pusat PMI, dr. Ria Syafitri.

''Untuk mem-back-up stock darah, akan dicukupi oleh Regional 4 jika memang nantinya akan diperlukan. Menyusul UDD Sidoarjo yang juga ikut mengirimkan sebanyak 150 kantong darah hari ini,'' sambung Ria.

Di mana, untuk Unit Donor Darah Lombok Timur stock darah yang tersedia juga masih terhitung aman. Dengan jumlah stock darah A sebanyak 10 kantong, B sebanyak 4 kantong, AB sebanyak 6 kantong dan O sebanyak 17 kantong.

(fid)

Let's block ads! (Why?)

http://news.okezone.com/read/2018/08/07/340/1933117/pmi-pastikan-stok-darah-untuk-korban-gempa-di-lombok-aman

No comments:

Post a Comment