Pages

Saturday, August 4, 2018

Trik Raih Keuntungan dari Sewa Apartemen

JAKARTA – Ada dua metode investasi apartemen yang bisa dilakukan untuk meraih keuntungan, yaitu sistem sewa dan jual beli.

Untuk Anda yang memilih metode jual beli, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk meraup keuntungan optimal. Yakni, harus cermat menghitung besar biaya yang sudah dikeluarkan semenjak proses pembelian unit apartemen.

BERITA TERKAIT +

Biaya tersebut meliputi pajak terkait jual beli apartemen, seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), pajak atas barang mewah, Akta Jual Beli, pertelaan, biaya balik nama sertifikat, serta biaya perawatan.

apartemen

Setelah Anda mengakumulasi biaya-biaya tambahan ini dengan harga beli, baru tetapkan harga jualnya. Jangan sampai merugi karena tak jeli saat menghitung harga.

Pilihan kedua adalah menyewakan apartemen. Ini biasanya dilakukan oleh investor yang mengharapkan keuntungan berkala dari masuknya uang sewa per tahun.

Keuntungan secara optimal dari metode ini dapat Anda peroleh dengan penentuan tarif sewa apartemen yang tentunya berbeda dengan menyewakan rumah. Anda bisa memulainya dengan menggali informasi di sekitar lokasi apartemen.

apartemen

Misalnya, karakteristik penyewa di area tersebut, kemampuan finansial calon penyewa dan tarif sewa standar di lokasi apartemen Anda berada.

Jangan lupa menghitung biaya-biaya yang akan dan sudah dikeluarkan untuk menyewakan apartemen. Dan untuk simulasi angsuran cicilan apartemen per bulan, Anda bisa manfaatkan Kalkulator KPR dari Rumah.com.

Mengenai lokasi, ada banyak area yang bisa dibidik untuk berinvestasi pada jenis hunian seperti ini dan juga berdasarkan segmentasi penyewanya. Dari sekian pilihan, yang sekarang menjadi buruan investor adalah apartemen mahasiswa.

(kmj)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/08/04/470/1931775/trik-raih-keuntungan-dari-sewa-apartemen

No comments:

Post a Comment