Pages

Saturday, September 8, 2018

Pendidikan Seni Punya Peran Penting Dalam Membuat Anak Sukses di Masa Depan

SEIRING berjalannya waktu, zaman terus mengalami perubahan. Termasuk dalam hal berkarier dan kesempatan untuk sukses. Siapa sangka, sekarang ini muncul banyak profesi yang tidak terduga dan menghasilkan uang dalam jumlah banyak. Sebut saja Youtuber, influencer, dan blogger.

Bukan tidak mungkin di masa depan terjadi hal-hal tidak terduga lainnya. Inilah yang mulai menjadi perhatian banyak orangtua agar tidak salah jalan mempersiapkan anaknya untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memilih sekolah yang tepat untuk anak.

BERITA TERKAIT +

BACA JUGA:

Viral Papa Ganteng Mengasuh Bayi Kembar, Lebih Gemas Ayah atau Bayinya?

"Sebetulnya kekhawatiran orangtua zaman sekarang adalah terjadi banyak perubahan. Oleh karenanya mereka berusaha memberikan pendidikan yang siap mengakomodir dan memfasilitasi anak untuk berpikir kreatif, fleksibel terhadap kehidupan, dan problem solving. Hal-hal itu bisa menjanjikan seorang anak sukses di masa depan," ungkap psikolog anak, remaja, dan keluarga Jovita Maria Ferliana, M.Psi, Psi.

   

Ditemui Okezone dalam acara peresmian Sampoerna Academy BSD Campus, Sabtu (8/9/2018), di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Jovita menuturkan bila ada satu pembelajaran yang sebenarnya harus dipelajari anak untuk mempersiapkan diri di masa depan. Pembelajaran itu menyangkut arts, namun tidak terbatas pada seni seperti yang masyarakat umum ketahui. Seni yang diajarkan dikombinasikan dengan kurikulum belajar zaman dahulu antara lain science, technology, engineering, dan mathemathic serta memiliki istilah STEAM.

“Pendidikan seni dapat memberikan manfaat yang besar bagi tumbuh kembang anak karena bisa membawa dampak positif yang besar bagi perkembangan kognitif, fisik, emosi, dan sosial. Ketika seni terintegrasi, siswa akan lebih terlibat dalam pembelajaran karena merasakan sendiri teori yang didapatnya secara langsung dan mengekspresikan diri dengan beragam cara," jelas Jovita.

 BACA JUGA:

Punya Tubuh Ideal dengan Lifestyle Sport, Hidup Sehat dengan Badan Bugar

Pembelajaran seni dianggap bisa membantu anak-anak berkembang secara mental, sosial, dan emosional. Pada akhirnya, pembelajaran ini membuat anak menjadi pribadi yang percaya diri, kreatif, penuh inisiatif, dan inovatif. Berdasarkan hasil penelitian, 80% pekerjaan di masa depan membutuhkan tenaga ahli yang telah menguasai pembelajaran tersebut. Dari pembelajaran arts dalam sistem STEAM, seorang anak juga diajak untuk bisa menyelesaikan masalah sendiri, memiliki daya juang atau kemampuan untuk bersaing, dan mendapatkan feedback yang positif.

(dno)

Let's block ads! (Why?)

http://lifestyle.okezone.com/read/2018/09/08/196/1947921/pendidikan-seni-punya-peran-penting-dalam-membuat-anak-sukses-di-masa-depan

No comments:

Post a Comment