Pages

Sunday, September 9, 2018

Pendiri Alibaba Group Jack Ma Pensiun Demi Beramal

loading...

HONG KONG - Jack Ma memberi teladan pada dunia. Di puncak kejayaannya, salah satu pendiri dan Chairman Executive Alibaba Group ini memilih mengundurkan diri dari jabatannya pada Senin (10/9) besok.

Langkah salah satu orang terkaya di Asia 2017 versi Forbes ini tampak terinspirasi oleh bos Microsoft, Bill Gates. Dia ingin menghabiskan sisa usianya yang tepat menginjak 54 tahun pada Senin besok untuk beramal.

Gates mengundurkan diri sebagai chairman Microsoft pada 2014 dalam usia 58 tahun dan kini fokus mengabdikan diri pada kegiatan filantropi melalui Bill and Melinda Gates Foundation yang bergerak pada bidang kesehatan, penanganan kemiskinan, pendidikan, dan akses teknologi informasi bukan hanya di Amerika Serikat, tetapi juga pada banyak negara di dunia, termasuk Indonesia.

Adapun Jack Ma nantinya ingin mendarmabaktikan hidupnya untuk pendidikan, dunia yang memang sangat dicintainya. “Saya ingin lebih fokus melakukan kontribusi sosial dan amal,” ujar Ma kepada Bloomberg TV pada pekan ini.

“Saya mungkin tidak akan pernah sekaya Bill Gates. Namun saya ingin mengikuti jejaknya mengejar filantropi,” tambahnya. Bagi Jack Ma, pensiun dalam usia muda untuk kemudian fokus pada kegiatan amal sudah menjadi cita-cita yang sejak lama didambakannya.

Dalam beberapa konferensi, dia sering mengatakan tidak ingin menghabiskan hidupnya di perusahaan. Dia berkeinginan pensiun dan kembali mengajar seperti dulu. Di Alibaba, dia juga sering dipanggil dengan sapaan Guru Ma.

Pria yang oleh Fortune ditempatkan pada posisi kedua dalam daftar World 50 Greatest Leaders 2018 ini sudah mendirikan Yayasan Jack Ma yang ditujukan untuk meningkatkan pendidikan di daerah tertinggal.

Jack Ma mulai mendirikan Alibaba pada 1999 dan mengembangkannya menjadi salah satu perusahaan pembayaran digital dan e-commerce paling besar di dunia. Dia mentransformasi sistem transaksi dan belanja.

Inovasi itu membawa Ma menjadi orang terkaya di China dan Asia dengan kekayaan bersih USD40 miliar lebih. Dengan pamor yang tinggi, Jack Ma menjadi idola baru generasi muda China. Sebagian masyarakat bahkan memajang fotonya di rumah untuk dipuja dan disembah.

Dia juga menginspirasi masyarakat dunia. “Dia merupakan simbol kesehatan sektor swasta di China dan seberapa tinggi mereka bisa terbang,” ujar penulis buku Duncan Clark seperti dikutip nytimes.com.

Namun di sisi lain Clark menilai kemunduran Jack Ma akan diinterpretasikan sebagai keputusasaan sektor swasta di China. Sebab, saat ini, lingkungan bisnis sedang memanas. Kompetisi antara perusahaan milik negara dan swasta sangat ketat.

Di bawah Presiden Xi Jinping, China gencar menanamkan investasi di berbagai industri. Sementara di sisi lain, pertumbuhan ekonomi China juga sedang melambat, sedangkn utang menumpuk.

Let's block ads! (Why?)

https://international.sindonews.com/read/1336865/40/pendiri-alibaba-group-jack-ma-pensiun-demi-beramal-1536467174

No comments:

Post a Comment