Pages

Saturday, September 15, 2018

PLN Gratiskan Biaya Penyambungan bagi Korban Gempa Lombok dan Sumbawa

loading...

JAKARTA - PLN memberikan penyambungan gratis untuk korban gempa Lombok dan Sumbawa. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap para korban.

Sebelumnya untuk rumah-rumah yang terdampak gempa, PLN telah melakukan pendataan rumah warga, pengamanan kabel Sambungan Rumah (SR) agar aman dari kondisi bertegangan dan pendataan Alat pembatas dan Pengukur (APP) untuk memastikan kondisi fisik kwh meter dan MCB.

Seperti diketahui, pasca gempa yang mengguncang Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa pada beberapa bulan terakhir memberikan dampak luar biasa bagi masyarakat setempat baik di sisi material maupun imaterial.

Gempa tersebut juga merusak sistem kelistrikan di kedua pulau tersebut, sebagian besar kondisi kwh meter sudah tidak dapat digunakan lagi (hancur/rusak) tertimpa bangunan, ada yang masih terpasang di bangunan namun dalam kondisi rusak berat/sedang dan telah diamankan di kantor PLN.

Selain ratusan asset PLN mengalami kerusakan, terutama pada jaringan Distribusi Tegangan Menengah, Tegangan rendah serta Saluran Rumah dan Alat Pengukur dan Pembatas (SR APP). Dampak imaterialnya, ribuan pelanggan PLN harus padam pada saat gempa dikarenakan Jaringan PLN mengalami kerusakan akibat gempa.

Kondisi saat ini, seluruh Jaringan listrik telah diperbaiki dan seluruh masyarakat khususnya yang ada di pengungsian sudah bisa menikmati listrik kembali.

Gempa Lombok dan Sumbawa juga memberikan dampak kerusakan kelistrikan di beberapa wilayah kerja unit PLN seperti Kabupaten Lombok Utara terdiri dari Tanjung, Pemenang, Gangga, Kayangan, Bayan, Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Kabupaten Lombok Barat di wilayah Narmada, Batulayar, Gunungsari. Di Kabupaten Lombok Timur di Labuhan Haji, Pringgabaya, Sembalun, Sambelia. Kota Mataram di Ampenan.

Sedang di Kabupaten Sumbawa Besar daerah yang terdampak meliputi Utan, Alas, Taliwang, Rhee dan Buer. Kabupaten Sumbawa Barat di Kecamatan Seteluk. Diperkirakan ada sekitar 56.000 pelanggan PLN yang terkena dampak gempa.

"Kami sadar kebutuhan akan kelistrikan sangat penting bagi warga. Untuk itu upaya perbaikan seluruh jaringan langsung kami lakukan pasca gempa terjadi. Nah untuk selanjutnya apabila rumah baru telah selesai dibangun dan hendak disambung listriknya kembali, maka proses penyambungan baru dan penyalaan akan dilakukan oleh PLN dan dibebaskan dari Biaya Penyambungan Gratis," ungkap Direktur Bisnis Regional Jawa Timur Bali dan Nusa Tenggara Djoko RAbumanan dalam keterangan resmi, Sabtu (15/9/2018).

Djoko melanjutkan, bagi masyarakat yang telah di data dan dinyalakan kembali oleh petugas PLN juga dapat melaporkan langsung ke kantor PLN apabila sudah siap bangunan rumah dan instalasi listriknya untuk disambung dan dinyalakan kembali.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar waspada dan melaporkan ke Kantor PLN terdekat atau pihak berwajib apabila ada oknum yang mengatasnamakan PLN menawarkan penyambungan listrik dan meminta sejumlah uang. PLN tidak pernah meminta biaya untuk pemasangan dan penyambungan kembali terhadap pelanggan-pelanggan PLN yang terdampak gempa.

Dengan adanya program pemasangan dan penyalaan kembali, PLN berharap dapat mempercepat dan membantu korban untuk memperoleh akses listrik ke rumah. Karena akses listrik yang mudah didapat, akan membantu proses pemulihan di masyarakat, mengingat listrik merupakan kebutuhan primer untuk semua orang, terutama bagi korban gempa di masa transisi ini.

(ven)

Let's block ads! (Why?)

https://ekbis.sindonews.com/read/1338517/34/pln-gratiskan-biaya-penyambungan-bagi-korban-gempa-lombok-dan-sumbawa-1537011509

1 comment:

  1. PENGUJIAN: Ny. Ria Maulidina
    NEGARA: Indonesia
    CITY: Semarang
    MY WHATSAPP NO: +62 821-3272-6590
    PINJAMAN PINJAMAN: Rp 500.000.000
    BANK BCA
    ACCOUNT No: 1750825253
    EMAIL: maulidinaria@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN: PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
    WHATSAPP NO: +15857083478
    NAMA FACEBOOK: karina elena roland

    Nama saya MRS RIA MAULIDINA, saya berada dalam kekacauan keuangan, saya tidak punya pilihan selain mencari agen pinjaman online terkemuka yang menyewakan pinjaman kepada yang membutuhkan, tetapi yang saya dapatkan hanyalah sekelompok scammers karena saya percaya pemberi pinjaman kedua yang saya komunikasikan karena keputusasaan saya untuk mendapatkan uang ASAP dan itu membuat saya mengirim kepadanya satu-satunya uang yang saya miliki di bumi dan di surga, mereka terus meminta lebih banyak dan ini membuat saya marah karena saya harus menutup email itu karena saya menyadari omong kosong dan saya tidak repot-repot online untuk mendapatkan bantuan lagi, karena saya tidak percaya lagi. saya menjadi sangat kurus karena kurangnya makanan yang baik dan 2 anak saya usia 5 dan 8 juga tidak terlihat bagus selama periode COVID19 kuncian ini tidak ada perawatan yang layak sebagai akibat dari keuangan, minggu lask saya melihat teman keluarga lama suami saya dan saya mengatakan kepadanya semua yang saya telah lewati dan dia mengatakan satu-satunya cara dia bisa membantu adalah mengarahkan saya ke agen pinjaman yang baik yang juga membantunya dan dia juga menjelaskan bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia mendapat dorongan oleh pinjaman ini agen KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY (karinarolandloancompany@gmail.com) yang memberinya pinjaman dengan suku bunga 2% yang terjangkau dan dia lebih lanjut meyakinkan saya bahwa mereka sah dan bukan scammer dan dia juga memberi tahu saya apa yang perlu dilakukan {PERUSAHAAN PROSEDUR ADMINISTRASI} dan dia juga memberi saya alamat email yang bereputasi baik ini dan saya menghubungi mereka seperti yang diinstruksikan dan atas rahmat ALLAH YANG MAHA ESA saya juga diberikan dana pinjaman saya sebesar Rp 500.000.000 dalam waktu 2 jam setelah aplikasi saya dijumlahkan tanpa ada tekanan atau masalah saya dan inilah mengapa saya datang ke sini untuk memberikan kesaksian saya dan untuk memberi tahu orang-orang bahwa masih ada agen-agen pinjaman yang nyata dan memiliki reputasi online. hubungi mereka melalui (karinarolandloancompany @ gmail. com) atau melalui +15857083478

    ReplyDelete