Pages

Tuesday, September 4, 2018

Dapat Pinjaman dari Luar Negeri, Inalum Langsung Beli Saham Freeport

JAKARTA - PT Inalum (Persero) telah mendapatkan pinjaman dana untuk membeli saham mayoritas PT Freeport Indonesia (PTFI) dalam divestasi 51% perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu.

Menteri ESDM Ignasius Jonan memastikan, Inalum telah memiliki dana dari luar negeri tersebut untuk membeli saham Freeport, sehingga tidak ada persoalan lagi dalam memiliki mayoritas saham dari PT Freeport.

BERITA TERKAIT +

"Sudah, pinjaman dapat dari luar negeri," ungkap Jonan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/9/2018).

 

Jonan enggan merinci terkait nilai dan asal pinjaman dari pihak mana. Mantan Menhub ini hanya memaparkan bahwa proses divestasi Freeport akan segera dirampung.

Dalam ketentuan yang diatur dalam Head of Agreement (HoA) divestasi saham Freeport Indonesia, PT Inalum diberikan waktu selama 60 hari untuk menyelesaikan transaksi divestasi 51% saham tersebut.

"Masih sampai akhir September (batas waktunya), semestinya selesai kok (transaksi divestasi)," tandas Jonan.

Seperti diketahui, PT Inalum harus menyiapkan dana senilai USD3,85 miliar untuk membeli 51 saham Freeport Indonesia.

 Sepakat! Divestasi Saham PT Inalum di PT Freeport Indonesia 51%

Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin, menyebutkan, dana tersebut diperoleh Inalum dari hasil pinjaman sindikasi dari 11 bank. "Udah ada 11 bank yang siap membantu mendanai transaksi," kata Budi.

Dari dana USD3,8 miliar itu, sebanyak USD3,5 miliar akan digunakan untuk membeli saham Rio Tinto di PT Freeport Indonesia. Sementara, sisanya sebanyak USD350 juta untuk membeli saham Indocopper di PTFI.

"Ini dealnya, ada Freeport, Rio Tinto dan kita," ungkap Budi.‎

(dni)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/04/320/1945923/dapat-pinjaman-dari-luar-negeri-inalum-langsung-beli-saham-freeport

No comments:

Post a Comment