Pages

Thursday, September 6, 2018

Denuklirisasi Korut Diragukan, Kim Jong-un Frustasi

loading...

SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut) menyatakan rasa frustasinya dan kesulitan atas keraguan masyarakat internasional atas tekadnya untuk denuklirisasi Semenanjung Korea. Hal itu diungkapkan kepala delegasi Korea Selatan (Korsel) yang baru saja melakukan kunjungan sehari ke Korut.

"Ketua Kim Jong-un menegaskan kembali tekadnya untuk sepenuhnya denuklirisasi Semenanjung Korea dan menyatakan kesediaannya untuk kerja sama yang dekat, tidak hanya dengan Korea Selatan tetapi juga dengan Amerika Serikat dalam hal itu," kata kepala Kantor Keamanan Nasional Korsel (NSO) Chung Eui-yong.

Dalam pertemuannya dengan delegasi Korsel, Jong-un menekankan bahwa Pyongyang telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk denuklirisasi. Ia akan menghargai komunitas internasional yang menerima gerakan niat baik Korut sebagai itikad baik.

"Saya ingin menekankan bahwa ketua Kim Jong-un dengan jelas beberapa kali menetapkan sikap bahwa tekadnya terhadap denuklirisasi jelas," ujar Chung.

"Dia mengungkapkan kekesalannya atas fakta bahwa beberapa bagian dari komunitas internasional meragukan tekadnya," imbuhnya seperti dikutip dari NK News.org, Kamis (6/9/2018).

Pemimpin Korut itu dilaporkan menekankan bahwa Pyongyang tidak akan dapat melakukan uji coba nuklir secara permanen karena dua pertiga dari terowongan di situs uji nuklir Punggye-ri benar-benar runtuh.

Pria berusia 35 tahun itu mengatakan pembongkaran situs uji coba rudal Tongchang-ri - yang ia gambarkan sebagai "situs uji tunggal" milik negara - menunjukkan keinginan Pyongyang untuk benar-benar menghentikan uji peluncuran rudal balistik jarak jauh.

"(Kim) berbicara tentang kesulitan atas pelitnya penilaian komunitas internasional meskipun itu adalah tindakan yang sangat substantif dan bermakna," tutur Chung mengutip pernyataan Jong-un.

Pemimpin Korut itu juga dilaporkan meminta Seoul untuk menyampaikan pesannya ke Washington, mengatakan dia berharap hal-hal bergerak ke arah yang benar sehingga ia dapat menerima jaminan penilaiannya untuk bekerja menuju denuklirisasi adalah "benar".

Chung mengatakan Jong-un mengharapkan lebih banyak partisipasi dari Korsel dalam proses denuklirisasi, dan ini termasuk tidak hanya menyampaikan pesan seperti itu ke AS, tetapi juga memiliki pembicaraan bilateral yang substantif mengenai masalah ini juga.

"Jika Presiden (Moon) mengunjungi Pyongyang, diharapkan mereka akan mengadakan diskusi yang lebih mendalam tentang langkah-langkah konkret untuk kerjasama antar-Korea guna mencapai kemajuan denuklirisasi," terangnya.

Kunjungan delegasi Korsel ke Pyongyang terjadi meski ada kebuntuan dalam negosiasi nuklir antara AS dan Korut.

Let's block ads! (Why?)

https://international.sindonews.com/read/1336136/40/denuklirisasi-korut-diragukan-kim-jong-un-frustasi-1536216072

No comments:

Post a Comment