Pages

Saturday, August 4, 2018

Torch Relay Asian Games Keliling Kota, Wong Sumsel Berpesta

loading...

PALEMBANG - Torch relay atau pawai obor Asian Games 2018 menjadi penegas dimulainya pesta Asian Games di Kota Palembang. Ribuan masyarakat berbagai kalangan tumpah ruah.

Mulai dari Kompleks Jakabaring Sport City (JSC), lokasi gelanggang atau venue Asian Games, hingga ruas jalan – jalan dan bahkan peraian Sungai Musi.

Mereka ingin menyaksikan pawai obor yang diikuti para petinggi dari pusat maupun daerah seperti para menteri, atlet berprestasi hingga artis. Sejak pagi, pelajar SD hingga SMP terlihat berbaris di trotoar jalan menunggu melintasnya pawai obor yang juga diikuti konvoi berbagai komunitas kendaraan.  

Akibatnya sejumlah ruas jalan seperti Jembatan Ampera sempat macet parah di saat pawai obor melintas.  Petugas keamanan melakukan pengamanan ketat termasuk pengaturan hingga pengalihan arus lalu lintas.

Sekitar pukul 07.00WIB api obor Asian Games mendarat di Komplek Jakabaring Sport City (JSC) oleh puluhan penerjun dari Paskhas TNI AU Palembang. Gubernur Sumsel Alex Noerdin berkesempatan pertama membawa lari dengan jarak tempuh sekitar 200 meter.

Lalu dilanjutkan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian sepanjang 200 meter, kemudian baru diserahkan ke pelari berikutnya.

"Mimpi Sumsel terhadap Asian Games hari ini akan tercapai. Dengan berkelilingnya obor Asian Games di Palembang, khususnya di Sumsel ini bertujuan agar masyarakat mengetahui bahwa bukan Palembang saja yang menjadi tuan rumah tetapi Sumsel. Mari semua jaga kenyamanan dan keamanan para tamu baik dari Indonesia maupun mancanegara yang menjadi peserta Asian Games nanti," ujarnya usai lari di Kompleks JSC Palembang, Sabtu (4/8/2018).

Selain pawai obor keliling Kota Palembang termasuk perairan Sungai Musi seperti ke destinasi wisata Pulau Kemaro sebelum berhenti di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) untuk kegiatan seremonial, Pemerintah Kota Palembang  bersama pihak terkait juga menyelenggaraan Festival Guyub 2018.  

Festival simbol kerukunan dan kebersamaan ini diikuti ribuan peserta yang menampilkan kesenian khas nusantara. Festival guyub dimulai dari kawasan Kambang Iwak Palembang menuju tempat festival di BKB untuk memeriahkan Torch Relay Asian Games 2018.

Sebelumnya peserta pawai dalam festival guyub ini start pukul 07:00 WIB dari Rumah Dinas Wali Kota Palembang kemudian melintasi Jalan Merdeka dan berakhir di BKB.

"Asian Games kebanggaan warga Sumsel. Festival ini nantinya akan dipilih 6 peserta sebagai penyaji terbaik. Berbagai kesenian dan kebudayaan dari Indonesia dihadirkan, seperti Reog Ponorogo, Paguyuban padang, Kuda Lumping, pemusik dari Sumsel dan kesenian lainnya," kata Ketua Panitia Festival Guyub 2018, Lidyawati.

Selain keliling Palembang, Torch Relay Asian Games akan keliling kabupaten dan kota di Sumsel. Minggu (5/8/2018), pawai obor akan keluar Palembang dan memasuki Kabupaten Banyuasin dan Musi Banyuasin (Muba).

(vhs)

Let's block ads! (Why?)

https://daerah.sindonews.com/read/1327722/190/torch-relay-asian-games-keliling-kota-wong-sumsel-berpesta-1533386886

No comments:

Post a Comment