Pages

Tuesday, September 11, 2018

Double-Double Track Manggarai-Cikarang Pisahkan Jalur KRL dan Kereta Lintas Kota

JAKARTA - Proyek pembangunan Double-Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang akan memisahkan jalur kereta rel listrik (KRL) commuter line dengan kereta lintas kota. Pemisahan jalur ini tentunya akan memangkas waktu tempuh bagi KRL, yang sebelumnya harus antre lintasan dengan kereta lintas kota.

Executive Vice President Daop 1 Jakarta R Dadan Rudiansyah mengatakan, dengan adanya Double-Double Track (DDT) tersebut, para penumpang commuter line, bakal menghabiskan waktu jauh lebih sedikit.

BERITA TERKAIT +

Ada Pembaharuan E-Ticketing KRL, Penumpang Pakai Tiket Kertas Ini

"Kereta commuter line ini, tak lagi harus mengalah jika ada kereta lintas kota melintas," kata Dadan, Senin (11/9/2018) malam.

Dia menjelaskan, baik commuter line maupun kereta lintas kota akan memiliki jalur khusus, sehingga hanya bisa melintas di jalur masing-masing. Saat ini, commuter line sering berhenti untuk menunggu giliran melintas.

"Kereta antar kota atau jarak jauh juga sama, khusus memakai jalurnya tersebut," ungkapnya.

Akan tetapi, Dadan mengatakan masyarakat harus sabar menunggu lantara proyek tersebut belum selesai. Pihaknya belum bisa memastikan operasional Double-Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang.

"Untuk kapan DDT itu selesai, bisa tanyakan ke pemerintah, karena proyek prasana dari pemerintah, kita hanya mengoperasikan saja," pungkasnya.

 

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan peresmian Double-Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang, akan dilakukan pada Oktober 2018 ini. Dengan pembangunan ini maka stasiun-stasiun sepanjang Manggarai-Cikarang tersebut akan tersambung dengan jalur DDT.

Pasalnya tahun lalu saja, Menhub telah meresmikan 3 stasiun yang telah tersambung dengan jalur DDT. Ketiga stasiun tersebut yakni Stasiun Cikarang, Cibitung dan Bekasi Timur.

"Yang pasti untuk DDT berkaitan dengan stasiun itu, 3 stasiun selesai tahun lalu dan tahun ini akan selesai 5 stasiun sehingga dari segi manajemen service-nya akan lebih meningkat," ungkapnya.

(rhs)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/11/320/1948985/double-double-track-manggarai-cikarang-pisahkan-jalur-krl-dan-kereta-lintas-kota

No comments:

Post a Comment