Pages

Monday, September 3, 2018

MNC Sekuritas Gandeng STEBI Global Mulia Cikarang

loading...

JAKARTA - Pemuda memegang peranan penting dalam pembangunan nasional, termasuk dalam hal perekonomian bangsa. Menyadari pentingnya peranan tersebut, PT MNC Sekuritas turut aktif mengambil peran membangun wawasan para pemuda.

Hal itu antara lain dilakukan dengan menggelar seminar investasi syariah bertema "Studium Generale dan Ikrar Pemuda Indonesia" di Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBI) Global Mulia Cikarang, Sabtu (1/9).

Acara seminar yang dibuka oleh Ketua STEBI Global Mulia Cikarang Teguh Wibowo tersebut dihadiri oleh 300 orang dari kalangan mahasiswa dan tokoh masyarakat. Dalam

kesempatan tersebut, Sharia Business & Development MNC Sekuritas Sutrisna Amijaya menyampaikan bahwa edukasi pasar modal syariah sangat penting untuk memperkenalkan bahwa pasar modal bukan hanya yang konvensional, tapi juga ada yang berbasis syariah.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, hingga Juli 2018 lalu, jumlah investor saham syariah sudah mencapai 34.297 investor. Sementara pada akhir 2017 silam, jumlahnya baru sebanyak 23.207 investor.

"Jadi, dalam kurun waktu enam bulan, jumlah investor syariah naik hampir 50%. Tentu saja pertumbuhan tersebut didukung dengan kegiatan edukasi yang dilakukan secara berkesinambungan," ungkap Sutrisna dalam siaran pers, Senin (3/9/2018).

Dia menegaskan, pasar modal syariah dapat menjadi pilihan bagi calon investor yang menginginkan produk investasi menguntungkan berbasis syariah. Investor dapat berinvestasi pada saham-saham syariah yang telah diseleksi sedemikian rupa sehingga sesuai dengan prinsip syariah.

Kriteria saham syariah di antaranya kegiatan utama perusahaan tidak boleh bertentangan dengan prinsip syariah, seperti perjudian, perdagangan yang dilarang, jasa keuangan ribawi, jual beli risiko. Tidak hanya itu, perusahaan harus memenuhi aturan rasio keuangan yang telah ditetapkan, misalnya rasio utang berbasis bunga terhadap total aset, serta rasio pendapatan tidak halal terhadap total pendapatan perusahaan.

Sutrisna juga menjelaskan mengenai kemudahan yang ditawarkan dalam investasi saham syariah. Generasi milenial yang cenderung mengedepankan cara yang praktis dalam berinvestasi menurutnya akan semakin terbantu dengan adanya sistem perdagangan saham syariah MNC Trade Syariah.

"Cukup dengan satu aplikasi, transaksi jual dan beli saham syariah ada dalam genggaman, dan tentunya dapat dilakukan secara real-time," kata Sutrisna.

MNC Trade Syariah telah mendapatkan sertifikasi dari Dewan Syariah Nasional MUI dengan No 004.41.02/DSN-MUI/V/2016. Aplikasi unggulan MNC Sekuritas tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur transaksi saham yang hanya dapat dipergunakan untuk berinvestasi atas saham dalam Daftar Efek Syariah (DES).

"Nasabah juga hanya dapat berinvestasi sesuai dengan dana yang dimiliki, sehingga tidak mengandung riba. Fitur-fitur lainnya seperti riset, grafik saham, dan data fundamental juga membantu nasabah dalam membuat keputusan investasi," tutupnya.

(fjo)

Let's block ads! (Why?)

https://ekbis.sindonews.com/read/1335241/32/mnc-sekuritas-gandeng-stebi-global-mulia-cikarang-1535964792

No comments:

Post a Comment