Pages

Thursday, September 6, 2018

Pekan Depan, Presiden Jokowi Lakukan Lawatan ke Korsel

loading...

JAKARTA - Presiden Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, dilaporkan akan melakukan kunjungan ke Korea Selatan (Korsel) pada pekan depan untuk bertemu dengan Presiden Moon Jae-in. Jokowi akan berkunjung ke Seoul pada tanggal 10 hingga 11 September mendatang.

Menurut Direktur Kerja Sama Asia dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Indonesia, Edi Yusup, akan ada sejumlah isu yang dibahas dalam pertemuan itu, baik isu internasional maupun mengenai hubungan bilateral kedua negara. Untuk isu internasional, masalah Semenanjung Korea akan menjadi salah satu isu pertemuan antara Jokowi dan Jae-in.

"Indonesia selalu senantiasa mendukung perdamaian di semenanjung Korea, khususnya mengenai denuklirisasi," kata Edi, Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Sementara itu, mengenai hubungan bilateral kedua negara, Edi menyatakan kedua pemimpin akan berusaha untuk mempererat spesial strategic partnership. Keduanya, lanjut Edi, akan membahas kerja sama ekonomi khususnya dalam bidang investasi dan perdagangan serta industri.

"Melalui peningkatan investasi dan perdagangan, dan industri. Korsel dan Indonesia sepakat bantu percepatan industriliasasi di Indonesia. Akan ada juga pembahasan mengenai kerja sama untuk generasi muda," ungkapnya.

Edi memaparkan, kemungkinan besar akan ada enam MoU yang diteken dalam pertemuan tersebut. Keenam MoU itu antara lain kerja sama di bidang legislagi, imigrasi, kerja sama ekonomi, kerja sama pengembangan SDM, kerja sama keamanan maritim antara Bakamla dan Penjaga Pantai Korea dan kerja sama lingkungan.

"Presiden juga akan menghadiri pertemuan bisnis. Akan ada dua, satu bisnis forum dan satu lagi bisnis meeting dengan para pengusaha Korea. Akan ada 10 MoU bisnis-ke-bisnis, nilainya mudah-mudahan bisa mencapai USD 1 miliar," tuturnya.

"Di Korsel Presiden juga akan memberikan kuliah umum di Universitas Hankuk dan bertemu dengan pemuda Korea dan pemuda Indonesia. Akan 10 pemuda Indonesia yang bekerja di Korsel dan 10 pemuda Korsel yang kerap mempromosikan budaya Indonesia," sambungnya.

Sementara itu, ketika ditanya terkait masalah perlindungan warga negara Indonesia (WNI) di Korsel, Edi menuturkan hal itu tentu akan dibahas.

"Itu adalah prioritas Presiden," tukasnya.

(ian)

Let's block ads! (Why?)

https://international.sindonews.com/read/1336186/40/pekan-depan-presiden-jokowi-lakukan-lawatan-ke-korsel-1536225129

No comments:

Post a Comment