Pages

Saturday, September 8, 2018

AFC Ingin Buat Liga Negara Asia

KUALA LUMPUR – Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) tampaknya ingin membuat liga antara negara-negara Asia layaknya UEFA Nations League (UNL) ciptaan UEFA. Menurut sekretaris jenderal AFC, Datuk Windsor Paul John, kompetisi seperti itu bisa meningkatkan level sepakbola dari negara-negara di Asia.

Sebagaimana diketahui, UEFA memang baru menggelar UNL pada September hingga Juni 2018 yang akan diikuiti oleh 55 negara. 55 negara itu dibagi dalam empat divisi berdasarkan peringkat FIFA dan terdapat pula sistem promosi dan degradasi pada UNL.

BERITA TERKAIT +

Italia vs Polandia (Foto: Reuters)

Tujuan awal dari UEFA membuat UNL ialah untuk meningkatkan gengsi dan kualitas dari laga persahabatan internasional antara negara-negara Eropa. Selain itu, UNL juga memiliki kaitannya dengan Piala Eropa 2020 yang mana empat negara terbaik dari tiap divisi punya kesempatan untuk lolos ke gelaran akbar sepakbola Eropa itu.

BACA JUGA: Persipura Izinkan Boaz Perkuat Timnas Indonesia di Laga Persahabatan

Menilik pada manfaat dan juga kualitas dari UNL yang diadakan UEFA itu, maka sangatlah wajar jika AFC ingin menirunya. Akan tetapi, AFC masih harus melakukan banyak hal terlebih dahulu untuk bisa menyelenggarakan kompetisi seperti UNL, terutama perihal jadwal liga dari tiap negara.

Jorginho vs Polandia (Foto: Reuters)

“Idenya [pembentukan Liga Negara Asia] sangat bagus tetapi kami harus merevisi semua kompetisi di AFC dalam waktu dekat untuk memastikan semuanya sejalan dengan visi dan misi kami. Kemungkinan bagi AFC untuk mengelar kompetisi tersebut memang ada, namun butuh evaluasi terlebih dahulu sebelum bisa direalisasikan," ungkap Windsor, seperti dilansir Newstraittimes, Sabtu (8/9/2018).

(ADP)

Let's block ads! (Why?)

http://bola.okezone.com/read/2018/09/08/51/1947843/afc-ingin-buat-liga-negara-asia

No comments:

Post a Comment