Pages

Sunday, September 2, 2018

Tingkatkan SDM, Indonesia Belajar E-Commerce ke Jack Ma

JAKARTA - Kehadiran pendiri Alibaba Group, Jack Ma di Indonesia cukup menjadi perhatian. Ia akan menghadiri penutupan Asian Games 2018. Seperti diketahui, Asian Games berikutnya pada 2022 akan dilaksanakan di tempat berdirinya perusahaan Alibaba di Hangzhou, China.

Pada Sabtu atau 1 September 2018, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mendampingi Presiden Jokowi menerima kelompok bisnis Alibaba di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

BERITA TERKAIT +

Menkominfo mengungkapkan, pertemuan dengan Jack Ma karena kapasitasnya sebagai Advisor dari steering committee tentang peta jalan e-commerce di Indonesia. “Ada beberapa tadi yang mengemuka dalam pembahasan tersebut, yang pertama adalah masalah talent, sumber daya manusia (SDM),” ujar Rudiantara seperti dikutip dari Kominfo.go.id.

Menkominfo menyampaikan bahwa SDM tersebut dilihat juga bagaimana melakukan edukasi kepada masyarakat. “Tadi kami usulkan juga untuk membuat semacam Jack Ma Institut di Indonesia untuk pengembangan sumber daya manusia,” ujarnya.

 

Dalam perkembangannya, Menkominfo menyampaikan bahwa talent ini bukan hanya diambil dari dalam negeri, tapi bagaimana menjadikan Indonesia sebagai pusat pasar talent untuk negara-negara di regional.

“Talent ini menjadi isu nomor satu di dunia saking cepatnya pertumbuhan digital economy ini sumber daya manusia yang belum bisa mengejar,” ujar Rudiantara.

Hal kedua yang dibahas dengan Jack Ma, menurut Menkominfo, bagaimana memanfaatkan platform yang ada untuk meningkatkan ekspor ke Tiongkok.

Baca juga: Intip Foto Jack Ma Bertemu dengan Presiden Jokowi

Jack Ma dijadwalkan untuk bertemu dengan Menkominfo, Menko Perekonomian, dan Menteri Perindustrian di Ritz Carlton lantai 8, Pasific Place Jakarta pada siang ini.

 

“Karena bagi Jack Ma bisnis bukan sebagai nomor satu lagi tapi, bagaimana kita memanfaatkan pemikiran-pemikiran Jack Ma sebagai guru dan beliau sebagai investor dengan steering committee kebutuhan talent,” ujar Menkominfo.

Baca juga: 10 Atlet Penyumbang Medali Emas untuk Indonesia, Ini Medsosnya

“Tahun ini kita sudah kirim 27 orang kalau tidak salah ke kampus Jack Ma,” ujar Menkominfo seraya menyampaikan pengiriman tersebut agar dapat belajar pengelolaan start up yang kuat dan ramah terhadap lingkungan atau ekosistem.

(ahl)

Let's block ads! (Why?)

http://techno.okezone.com/read/2018/09/02/207/1944863/tingkatkan-sdm-indonesia-belajar-e-commerce-ke-jack-ma

No comments:

Post a Comment